Jepang Tambah Kemampuan Robot Humanoid

Jepang terus kembangkan robot humanoid PALRO keluaran perusahaan Fuji Soft di Jepang. Saat ini, PALRO masih difokuskan untuk pendidikan. Tapi, bukan tidak mungkin robot itu dikembangkan untuk keperluan yang lebih umum.

Robot pintar setinggi 39,8 cm dan berat 1,6 kilogram ini memiliki seperangkat sistem komputer yang menggunakan prosesor Intel Atom berkecepatan 1.6 GHz, memori internal 1 GB RAM, serta media penyimpanan sebesar 4 GB. Robot yang ditenagai baterai ion litium ini juga punya fitur kamera 0,3 megapiksel, colokan USB, mikrofon, pengeras suara (speaker), dan dapat terhubung langsung dengan jaringan nirkabel. Hampir semua fitur itu berfungsi untuk melaksanakan instruksi-instruksi.

Keunggulan robot-robot pintar ini, selain bisa bergerak lincah, adalah mampu berkomunikasi secara nirkabel. Ditambah lagi robot ini juga bisa diminta menari mengikuti irama musik yang diputar. PALRO kini mampu berbicara dalam bahasa Inggris, selain bahasa Jepang. Kemampuan pengenalan wajah PALRO juga sudah semakin baik.

Namun untuk sementara ini robot yang pertama diperkenalkan di tahun lalu tersebut baru tersedia bagi keperluan lembaga pendidikan. Meskipun begitu, tak ada keraguan bahwa ke depannya PALRO akan dijual secara luas untuk khalayak umum.

Top