Segera hadir: peta Titanic 3 dimensi

Peta 3 dimensi untuk menjelajah bangkai Kapal Titanic sepertinya akan segera hadir untuk publik. Soalnya, pada tanggal 18 Agustus mendatang sebuah tim ilmiah yang dipimpin oleh RMS Titanic akan mengadakan ekspedisi 20 hari ke Kapal Titanic yang salah satu tujuannya adalah pembuatan peta 3 dimensi.

Para anggota ekspedisi akan menggunakan teknologi pencitraan, film, dan sonar terkini untuk merekam artifak serta meneliti dua bagian utama kapal. Hasil penelitian ini akan dibandingkan dengan gambar yang diambil 25 tahun lalu untuk mengetahui kerusakan akibat arus, air laut yang mengandung garam, serta tekanan bawah laut. Peralatan yang disiapkan juga akan menyediakan data mengenai lokasi reruntuhan sehingga para ahli dapat membuat batas-batas area reruntuhan.

RMS Titanic juga mengumumkan kalau lokasi reruntuhan Titanic dijadikan sebuah situs arkeologi. Orang yang tertarik untuk mengetahui perkembangan tentang Titanic dapat mengikuti akun Twitter @RMS_Titanic_inc atau bergabung di Fan Page www.facebook.com/rmstitanicinc.

Sumber: national geographic Indonesia

Top