El Nino Dapat Picu Perang Saudara

Negara yang memiliki fluktuasi iklim ekstrem akibat El Nino berpotensi mengalami perang saudara dua kali lipat dibanding negara yang kurang terpengaruh. Studi akan hal ini dilaporkan dalam jurnal Nature.

Solomon M. Hsiang, peneliti dari Princeton University dan rekan-rekannya mempelajari hubungan antara El Nino dan kekacauan politik di 175 negara yang berbeda, antara tahun 1950 sampai 2004. Ternyata, enam persen perang saudara terjadi di negara-negara yang terpengaruh oleh fenomena alam tersebut. Dibandingkan dengan negara yang tidak terpengaruh El Nino, peluang terjadinya perang saudara hanya 3 persen. “Penelitian ini menunjukan pola sistematik dari pengaruh iklim global terhadap konflik dan data-data menunjukkan itu,” ucap Hsiang.

Hsiang menyebutkan, hasil penelitian ini memang tidak cukup untuk membuat hubungan sebab-akibat secara langsung. Tetapi data menunjukkan bahwa El Nino berkontribusi terhadap berbagai faktor yang memicu pertikaian. Sebagai contoh, produksi pertanian menurun akibat El Nino. Akibatnya, ekonomi memburuk, pengangguran meningkat, dan menimbulkan kegelisahan di dalam masyarakat.

Dalam 234 perang saudara yang dipelajari oleh para peneliti, ternyata 21 persen perang saudara di seluruh dunia dan 30 persen perang saudara yang terjadi di negara tropis ada hubungannya dengan hadirnya El Nino. Negara-negara tropis di mana peperangan terjadi bersamaan dengan hadirnya El Nino antara lain adalah Sudan, El Salvador, Filipina, Uganda, Angola, Haiti, Burma, Eritrea, Indonesia, Kamboja, dan Rwanda.

“Sebenarnya kami ingin sekali menyebutkan bahwa kami bisa memprediksi konflik, tetapi sayangnya penelitian ini tidak cukup untuk itu,” kata Kyle Meng, peneliti lain yang juga terlibat dalam studi tersebut. “Kami bisa memprediksikan hadirnya tahun-tahun El Nino, dan berdasarkan hasil penelitan kami, kemungkinan terjadinya kekerasan di kawasan tropik akan meningkat secara dramatis. Setidaknya, pemerintah setempat dan lembaga nasional bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi hal tersebut,” ucapnya.

Sumber: http://nationalgeographic.co.id/lihat/berita/1885/el-nino-dapat-picu-perang-saudara

Top