Listrik Bantu Membentuk Wajah Kodok

Listrik Bantu Membentuk Wajah Kodok

LiquidGhoul

Pola listrik ditemukan di bagian kecebong yang akan terbentuk menjadi wajah kodok. Pola tersebut menunjukkan tempat mata, hidung, mulut, dan fitur wajah lainnya. Fenomena ini dijelaskan dalam jurnal Developmental Dynamics.
Peneliti Dany Adams menemukan fenomena ini secara kebetulan saat merekam kecebong di masa-masa awalnya. Adams menghidupkan kamera videonya sepanjang malam untuk mendapatkan rekaman yang komplet. Saat video itu dilihat kembali, peneliti Tufts tersebut mendapati adanya pola listrik yang belum pernah ditemukan sebelumnya.


LabEquipment

Kilatan listrik itu disebabkan oleh proses "ion flux" yang membuat sekelompok sel berkumpul membentuk pola yang ditandai dengan tegangan listrik dan tingkat keasaman yang berbeda. "Ketika embrio kodok berkembang, sebelum terbentuk wajah, ada pola wajah yang dibentuk kilatan listrik di permukaan embrio," jelas Adams.
Adams akan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai fenomena ini. "OK, saya tahu hal yang akan saya pelajari selama 20 tahun ke depan," katanya setengah bercanda. (Sumber: Discovery News)

Top