Plastik Baru untuk Perkembangan Sel Punca

Plastik Baru untuk Perkembangan Sel Punca

Michael Stroeck

Penemuan plastik baru berukuran kecil, berskala nano, dapat memecahkan penumbuhan sel punca dalam jumlah besar yang selama ini terkendala dalam menjaga stabilitas karakteristik kegunaannya. Perkembangan ini dapat digunakan untuk menangani penyakit seperti Alzheimer atau Parkinson.

Studi bersama yang dilakukan University of Glasgow dan University of Southampton berhasil mengembangkan permukaan yang memiliki struktur berukuran sangat kecil--diukur dalam satuan nanometer--melalui proses pembuatan yang serupa dengan proses pembuatan cakram Blu-ray. Permukaan itu dipenuhi lubang-lubang kecil yang menurut para peneliti, menjadikannya lebih efektif untuk pertumbuhan sel punca serta berkembang menjadi sel yang dibutuhkan dalam terapi.

Proses perkembangan sel punca yang biasa dilakukan saat ini menggunakan permukaan plastik dengan jaringan halus standar. Sayangnya, sel seringkali berkembang menjadi sel lain alih-alih menjadi sel punca.

Dr. Matthew Dalby, pemimpin riset dari University of Glasgow mengatakan, permukaan berstruktur nano dapat digunakan untuk mengembangkan sel punca yang bersumber dari sumsum tulang belakang, untuk selanjutnya dicangkokkan pada muskuskeletal, ortopedi, dan jaringan-jaringan penghubung.

Hasil studi ini diterbitkan dalam Journal Nature Materials. (Sumber: BBC News)

Top