Robot Gurita Bantu Dokter Bedah

MASSIMO BREGA Robot tentakel yang kelak diharapkan dapat membantu dokter bedah melakukan operasi.

Sebuah kelompok riset yang didanai oleh Komisi Eropa mengembangkan robot gurita lengkap dengan tentakel artifisialnya. Saat ini, prototipe robot yang berukuran 17 inci tengah dikerjakan.

Robot gurita ini nantinya akan memiliki tujuh tentakel artifisial. Tentakel robot ini bisa berubah sifat, dari fleksibel ke kaku, sehingga multifungsi, menggenggam obyek tertentu dengan erat, hingga menyangga sesuatu.

Tentakel terbuat dari paduan kabel baja dan nilon yang dibungkus kulit berbahan silikon. Dengan paduan bahan itu, tentakel bisa menggeliat seperti ular mengelilingi obyek sebelum akhirnya menggenggamnya.

Dengan fleksibilitas tentakelnya, dokter bedah Inggris berharap robot ini bisa berfungsi sebagai basis alat endoskopi sampai membantu melakukan proses bedah. Pihak lain berharap robot bisa berfungsi sebagai alat eksplorasi ataupun search and rescue dalam air.

Seperti dikutip Foxnews (22/7/2011), proyek pembuatan robot yang disebut "The Octopus Project" ini akan selesai pada 2013. Tunggu saja kehebatan aksi robot ini nantinya.


Sumber : KOMPAS.com


Top